Dibalik problem ada hikmah dan ilmu


Oleh : Asep Hilman
Kita sering kali dihadapkan dengan berbagai masalah dalam kehidupan ini. Masalah ini muncul berbarengan dengan perjalanan hidup kita. Allah SWT, menguji manusia agar manusia tabah dan berusaha untuk memecahkan masalahyang kita hadapi. Apabila kita dapat memecakan masalah atau dapat mencari solusinya, itu berarti kita akan meraih kesuksessan yang akan diberikan oleh Allah SWT. Mengapa manusia diuji dengan berbagai masalah?

Manusia diuji dengan berbagai masalah sesuai dengan hakikat kemanusiaan itu sendiri. Manusia mempunyai dua sifat yang merupakan kodrat sebagai manusia yaitu lupa dan salah. Kedua sifat inilah yang menjadi faktor utama adanya masalah dalam diri manusia.
Sering kita lupa bahwa kita hidup ke dunia ini adalah tujuannya untuk mengabdi kepada Allah SWT. Allah SWT. adalah tujuan kita yaitu melaksanakan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Apabila kita patuh dan taat atas perintah Allah SWT., itu berarti kita dikategorikan sebagai muslim yang sejati. Mati dan hidup kita kepunyaan Allah SWT. Semuanya diserahkan diri untuk mengabdi kepada-Nya.


Apabila Manusia lupa terhadap tugasnya, maka tunggulah adzab yang akan menimpa dirinya.Adzab ini merupakan problem bagi orang yang tidak taat dan patuh terhadap perintah-Nya.Dibalik problem ini ada hikmah yang tersimpan yaitu taubat nasuha. Oleh karena itu segeralah bertaubat! mudah-mudahan kita mendapat ampunan dari Allah SWT. Amiin. Dengan taubat nasuha ini kita akan kembali bersih dan suci dan memulai hidup baru lagi. Hidup baru tanpa dosa karena kita sering lupa atas perintah-Nya.
Kita ini adalah makhluk sosial. Karena kita hidup tidak bersifat individualistis, tapi memerlukan orang lain.Kita harus bergaul dengan orang lain. karena manusia berfungsi sebagai makhluk sosial, otomatis kita sering membuat kesalahan di antara manusia. Kesalahan ini sering terjadi diakibatkan persaingan hidup, mencari popularitas,jabatan dan kekuasaan. untuk mencapai tujuannya itu tidak sadar kita sudah melampaui batas aturan syari'at Islam.Kita sudah berbuat kesalahan yang total yang akan menjerumuskan kepada kehinaan, kenistaan, dan kecelakaan baik di dunia maupun di akhirat. Na'udzbillahi min dzalik. Oleh karena itu segerah bertaubat! Bertaubatlah kepada Allah dan minta ampunlah kepada orang yang telah kita aniaya. Karena do'anya orang yang dianiaya mustajab. Mungkin sebab-sebab ini, kita mempunya problem berat yang tidak dapat disembukan penyakitnya, kecuali dengan taubat nasuha, dengan taubat yang sebenar-benarnya taubat dan tidak akan mengulangi perbuatan dosanya lagi.
Dengan taubat nasuha ini, Insyaallah akan mendapat ilmu baru yang belum pernah ada sebelumya. Allah akan memberikan kemudahan dalam mencapai kesuksesan di masa yang akan datang.Karena dengan adanya masalah tersebut tersimpan kesuksesan di masa yang akan datang.




HALAMAN

POPULAR POST