Kurikulum 13: Format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang Berubah-ubah


Kurikulum 13: Format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang Berubah-ubah


Kurikulum 13: Format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang Berubah-ubah
“Teaching without adequate written planning is sloppy and almost always ineffective, because the teacher has not thought out exactly what to do and how to do it” (Joseph and Leonard)
Sebuah kutipan yang mengukuhkan betapa pentingnya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). RPP merupakan sebuah outline apa yang akan dilakukan oleh guru dan peserta didik selama proses kegiatan belajar mengajar. Dengan RPP dapat mendorong guru lebih siap melakukan kegiatan pembelajaran karena adanya persiapan yang lebih matang, sehingga nantinya di dalam kelas sudah tahu apa yang akan dilakukannya dan membuat proses pembelajaran lebih efektif.
Kurikulum 13  (K-13) merupakan kurikulum berbasis kompetensi. Artinya di dalamnya dirumuskan komponen yang harus dikuasai oleh peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran, mulai dari kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Dalam penerapan kompetensi K-13 sangat berbeda dengan kurikulum sebelumnya (KTSP), yang hanya menitikberatkan pada kompetensi pengetahuan dan menggunakan taksonomi Bloom. Lain halnya dengan K-13 yang menggunakan taksonomi Bloom untuk kompetensi pengetahuan, taksonomi Dyers untuk keterampilan, dan taksonomi Krathwohl untuk sikap.


Kompetensi  merupakan tujuan akhir dari proses pembelajaran, dengan demikian guru mempunyai tanggung jawab besar tehadap tercapainya kompetensi yang harus dimiliki oleh setiap peserta didik. Oleh karena itu, seorang guru setiap akan melakukan pembelajaran wajib memiliki persiapan, baik persiapan tertulis maupun tidak tertulis.
Persiapan tertulis wujudnya berbentuk RPP. Untuk format RPP K-13 tentu berbeda dengan KTSP, karena di K-13 akan ditemukannya Kompetensi Inti yang merupakan pengganti dari Standar Kompetensi.
Format RPP K-13 yang pertama kali penulis ketahui adalah ketika penulis menjadi peserta Workshop “Implementasi Kurikulum 2013” yang diadakan oleh PW. LP. Ma’arif NU Jawa Timur sebagai narasumber adalah Dr. Syifa’ Indana, M.Pd. yang merupakam instruktur nasional K-13. Sebagaimana formatnya sebagai berikut:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan    : …………………………………
Kelas/Semester          : …………………………………
Tema                          : …………………………………
Sub Tema                  : …………………………………
Pembelajaran             : …………………………………
Waktu                        :………. x….…….. menit (1 hari)
A.    Kompetensi Inti
……………………………………………………………………………………………
B.     Kompetensi Dasar
……………………………………………………………………………………………
C.     Indikator Pembelajaran
……………………………………………………………………………………………
D.    Tujuan Pembelajaran
……………………………………………………………………………………………
E.     Materi Pembelajaran
……………………………………………………………………………………………
F.      Pendekatan, Model dan Metode Pembelajaran
……………………………………………………………………………………………
G.    Kegiatan Pembelajaran
……………………………………………………………………………………………
H.    Media dan Sumber Pembelajaran
……………………………………………………………………………………………
I.       Penilaian
……………………………………………………………………………………………
              Mengetahui,                                                                         … .…………, ……….
            Kepala Sekolah                                                                        Guru Kelas
(……………………………..)                                            (……………………………..)
               
Kurang dari satu bulan setelah mengikuti workshop tersebut, salah satu teman satu sekolah penulis mendapat undangan untuk mengikuti workshop kembali tentang K-13, yang mengadakan adalah Dinas Pendidikan Kota. Di antara beberapa materi workshop tentunya masalah RPP. Dari hasil workshop tersebut ada perbedaan format penulisan di antaranya sebagai berikut:
1.    Format sebelumnya untuk kompetensi dasar hanya menuliskan KI-3 dan KI-4, akan tetapi format yang baru KI-1 dan KI-2 juga dicantumkan dalam kompetensi dasar.
2.    Kompetensi dasar digabung dengan indikator pembelajaran, sebagaimana contoh berikut:
B. Kompetensi Dasar dan Indikator:
Bahasa Indonesia
Kompetsi Dasar:
3.2     Menggali informasi dari teks wawancara tentang jenis-jenis usaha dan pekerjaan serta kegiatan ekonomi dan koperasi dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
          Indikator : 3.2.1. Menggali informasi berdasarkan teks wawancara dengan
diskusi
Untuk kedua format di atas, untuk satu identitas atau satu RPP merupakan satu pembelajaran yang dilaksanakan dalam satu hari. Berbeda dengan format yang ketiga ini, yang penulis ketahui ketika mengikuti workshop sehari “Pendampingan Kurikulum 2013” yang digunakan untuk 6 hari atau satu sub tema, bukan hanya dari segi formatnya, landasannya pun berbeda. Untuk kedua format RPP sebelumnya berlandaskan pada Permendikbud RI No. 87A Tahun 2013, Sedangkan format yang terbaru berlandaskan pada Permendikbud No. 57 Tahun 2014. Adapun Format RPP yang terbaru adalah sebagai berikut:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan    : …………………………………
Kelas/Semester          : …………………………………
Tema                          : …………………………………
Sub Tema                  : …………………………………
Waktu                        :………. x……….. menit x 6 hari
A.      Kompetensi Inti
……………………………………………………………………………………………
B.       Kompetensi Dasar
……………………………………………………………………………………………
C.       Indikator Pencapaian Kompetensi
……………………………………………………………………………………………
D.      Deskripsi Materi Pembelajaran
……………………………………………………………………………………………
E.       Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
…………………………………………………………………………………………… Pertemuan 2
……………………………………………………………………………………………
Pertemuan 3
……………………………………………………………………………………………
Pertemuan 4
……………………………………………………………………………………………
Pertemuan 5
……………………………………………………………………………………………
Pertemuan 6
……………………………………………………………………………………………
F.        Penilaian
……………………………………………………………………………………………
G.      Media, Alat, dan Sumber Belajar
……………………………………………………………………………………………
              Mengetahui,                                                                         … .…………, ……….
            Kepala Sekolah                                                                        Guru Kelas
(……………………………..)                                               (……………………………..)
Kalau kita amati format yang RPP yang berdasarkan Permendikbud RI No. 57 Tahun 2014 ini, ada beberapa bagian yang dihapus yaitu tujuan pembelajaran, pendekatan, model, dan metode pembelajaran. Selain itu untuk penulisan kompetensi dasar dan indikator kembali ditulis terpisah.  Sama dengan halnya dengan format yang kedua, kompetensi dasar ditulis mulai dari KI-1, KI-2, Ki-3, dan KI-4. serta, dalam indikator pencapaian kompetensi untuk KI-1 dan KI-2 juga dirumuskan.
Perubahan format RPP ini sejatinya adalah untuk menuju yang terbaik, perubahan tidak dapat pungkiri, karena segala sesuatu di dunia ini akan berubah, dan hanya perubahanlah yang tidak berubah. Semoga dengan beberapa kali dengan perubahan ini, kita sebagi guru tidak jenuh-jenuhnya untuk membuat sebuah perencanaan dalam mengajar, karena dengan perencaan yang matanglah kita dapat melakukan proses pembelajaran yang efisien, sehingga dapat mencetak putra bangsa yang memiliki kompetensi yang handal.

HALAMAN

POPULAR POST