Cara Meningkatkan Keamanan Facebook



Cara meningkatkan keamanan Facebook dan tips yang aman dilakukan untuk melindungi akun Facebook personal serta keamanan diri Anda sendiri dalam ber-Facebook.
Ada berbagai macam cara meningkatkan keamanan Facebook Anda dari tangan-tangan jahil atau hacker, baik itu ingin mengetahui informasi lebih yang Ada dalam Facebook Anda, mengambil alih kepemilikan akun FB Anda, atau hal-hal negatif lainnya yang kemungkinan mempunyai dampak buruk bagi pribadi Anda nantinya. Usaha untuk mengetahui cara membuka Facebook orang lain sudah tersebar di berbagai media internet, ada yang berhasil dan ada pula yang tidak, bahkan ironinya orang yang mencoba-coba membobol akun Facebook orang lain, alhasil akunnya sendiri yang dibobol orang lain.
Program untuk mengetahui password Facebook orang Lain, teknik phising email atau halaman login Facebook palsu, otentifikasi suatu aplikasi, sampai pada cara psikologis dilakukan untuk mencari dan mendapatkan username dan password Facebook Anda. Pada artikel sebelumnya telah dibahas bagaimana cara melindungi akun Facebook dari tangan-tangan jahil yang mencoba masuk ke akun Facebook, tips berikut adalah cara meningkatkan keamanan Facebook Anda agar terhindar dari praktek hacking:
  • Pastikan Anda mengatur settingan privacy Facebook Anda, lakukan kustomisasi pada menu Privacy Settings, opsi Friends adalah yang paling netral. Friends (bukan Friends of Friends) di sini artinya adalah teman yang Anda benar-benar kenal dan tidak mungkin melakukan hal-hal negatif terhadap Anda. Jika Anda adalah orang yang menjaga sekali private info, maka Anda bisa memilih Spesific people or Lists untuk orang yang Anda khususkan untuk melihat privacy Anda. Orang yang benar-benar introvert/tertutup, opsi Only Me adalah pilihannya.
    https://www.facebook.com/settings/?tab=privacy
    Mengatur Custom Privacy Facebook
  • Tinjau ulang aplikasi Facebook yang Anda gunakan, gunakanlah aplikasi yang memang Anda butuhkan dan pastikan aplikasi tersebut sudah Anda review dan terjamin keamanannya. Jika terdapat aplikasi yang tidak Anda pakai lagi atau tidak dapat digunakan, lebih baik di-delete. Aplikasi Facebook dibuat dengan gratis dan hal itu lebih memudahkan peluang bagi orang untuk mendapatkan informasi pribadi dari akun Anda, terutama email Anda.
  • Jika akun Facebook Anda adalah personal, bukan Fan Pages, jangan sembarangan menerima request orang yang ingin menjadi teman Anda. Hal ini juga penting sebagai salah satu cara meningkatkan keamanan Facebook Anda. Pastikan Anda mengenal satu sama lain. Akan tetapi teman juga bisa menjadi musuh dalam selimut jika Anda tidak mengenalnya dengan baik. Jadi jangan terlalu sosial di akun personal Anda.
  • Terkadang teman mengirimkan aplikasi atau tautan ke suatu situs, tinjau terlebih dahulu aplikasi/tautan tersebut, apakah aplikasi itu memang berguna bagi Anda, bagaimana tingkat keamanan aplikasi itu, dan pastikan juga komputer yang digunakan terinstall anti-virus atau anti-malware untuk perlindungan komputer. Bagaimanapun juga banyak tautan di Facebook yang berbahaya bagi komputer, dan ini juga dapat berpengaruh ke akun Facebook Anda.
  • Pada menu Account Settings > Security, https://www.facebook.com/settings?tab=security:
    Mengatur Security Settings Facebook
    • Centang opsi Secure Browsing, hal ini berguna untuk enkripsi semua aktivitas Anda di Facebook, sehingga sulit bagi orang lain untuk mengakses informasi Anda tanpa izin dari Anda.
    • Aktifkan Login Notifications baik itu email atau sms (text message). Dengan cara ini pihak Facebook dapat memberitahu Anda bila akun Anda diakses dari komputer atau perangkat mobile yang belum pernah digunakan sebelumnya. Jika Anda menerima Login Notifications dalam bentuk email, Anda harus memeriksa dengan baik, apakah email itu benar-benar datang dari Facebook atau bukan, jangan sampai Anda terjebak dalam email phising. Setelah Anda mengaktifkan Login Notifications, maka Anda dapat menggunakan fitur Recognized Devices. Catatan, jangan mengaktifkan fitur ini jika Anda menggunakan komputer publik, seperti di warnet.
    • Aktifkan Login Approvals, berguna apabila komputer tidak dikenali oleh akun Anda, maka muncul kode keamanan untuk mengakses akun Facebook Anda.
    • Pastikan Anda membuat pertanyaan keamanan untuk lebih meningkatkan keamanan akun Facebook Anda, dan jangan sampai lupa jawaban dari pertanyaan keamanan tersebut. Jawaban dari pertanyaan keamanan, jangan sampai ada kaitannya dengan informasi yang ada dalam akun Facebook Anda. Anda dapat melihat secara keseluruhan settingan keamanan Anda di https://www.facebook.com/update_security_info.php. Harap mengingat semua data keamanan yang ada dalam halaman tersebut.
  • Menambahkan nomor handphone adalah cara meningkatkan keamanan Facebook Anda yang terbaik sekaligus terburuk, Account Settings > Mobile atau https://www.facebook.com/settings?tab=mobile. Dengan cara ini, fitur One-Time Passwords di Facebook akan aktif, dimana pihak Facebook akan mengirimkan password sementara apabila Anda ingin login dari komputer publik/umum, sehingga dapat membantu melindungi keamanan akun Anda. Usahakan ada no handphone/ponsel tambahan untuk lebih memperketat keamanan akun Facebook Anda, begitu juga dengan email. Jadi, jagalah ponsel Anda baik-baik. :)
  • Aktifkan Remote Logout Facebook, fitur ini berfungsi untuk melakukan logout dari komputer lainnya jika Anda melihat Facebook Anda masih dalam keadaan aktif di komputer lainnya.
  • Sembunyikan email Facebook Anda, karena email Facebook digunakan sebagai username untuk login.
    Cara Sembunyikan Email Facebook
  • Buat username Facebook untuk profile Anda, jadi tidak perlu memberi tahu alamat email ke teman-teman untuk melihat profil Anda.
  • Jika Anda membuka akun Facebook di area publik yang memakai hotspot/wifi seperti kafe atau di warnet, selalu gunakan one-time password Facebook untuk login. Anda tentu tidak mau mengambil risiko terhadap penyusup lewat jaringan internet yang terhubung dengan komputer Anda. Ada beberapa program/software hack wifi yang tersedia untuk mendapatkan password dan membobol akun Facebook orang lain, baik itu melalui jaringan wifi atau kabel LAN intenet.
Apabila akun Facebook Anda terlanjur dibobol, terdapat cara mengembalikan Facebook yang di-hack, Anda hanya mengikuti instruksi yang diberikan oleh pihak Facebook. Keamanan Facebook Anda memang cukup penting jika Anda memang peduli akan informasi pribadi yang ada dalam akun Anda, akan tetapi satu hal yang perlu Anda ketahui adalah selain akun Facebook Anda yang aman, tentunya keamanan diri Anda adalah hal yang utama. Cara meningkatkan keamanan Facebook sekaligus diri Anda adalah jangan sepelekan dalam membuat status Facebook untuk keamanan diri Anda sendiri.Sumber Informasi:
https://www.jevuska.com/2012/11/13/cara-meningkatkan-keamanan-facebook-anda/

HALAMAN

POPULAR POST