HIKMAH DAN MANFAAT DARI PUASA


HIKMAH DAN MANFAAT DARI PUASA
Pemateri : Tursih, S.Pd

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Segala puji bagi Allah, shalawat dan salam kepada Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam.
Allah adalah Dzat yang Maha Hikmah, tidaklah Dia memerintah dan melarang manusia kecuali terdapat hikmah yang tekandung di dalamnya. Puasa adalah ibadah yang sangat agung. Di dalam perintah puasa terkandung hikmah dan manfaat yang begitu banyak baik dari sisi duniawi maupun ukhrawi, serta manfaat bagi jasmani maupun rohani. Berikut ini merupakan hikmah dan manfaat puasa:
Pertama: Puasa Mengantar pada Ketaqwaan
Di antara hikmah dan tujuan puasa yang paling utama adalah mengantarkan kepada ketaqwaan. Taqwa dalam arti yang sederhana adalah mengerjakan perintah Allah dan menjauhi larangaNya. Orang yang berpuasa dilatih untuk menjalankan perintah Allah dan menjauhi laranganNya meskipun orang lain tidak mengetahui. Mereka meninggalkan makan, minum dan hal-hal mubah lainnya semata-mata karena menjalankan perintah Allah. Jika hal yang mubah saja ditinggalkan maka dia lebih mampu untuk meninggalkan yang jelas-jelas haram.
Kedua: Membersihkan Jiwa dan Melatih Mengendalikan Diri.
Di antara hikmah disyariatkannya puasa adalah dia mensucikan dan membersihkan jiwa dari segala kotoran dan dari akhlak-akhlak yang tercela. Oleh karena itu, orang yang berpuasa hendaknya senantiasa menjaga pendengaran, penglihatan dan lisannya. Hendaknya menjauhi dusta, ghibah, mencela orang lain dan lainnya dari perbuatan dan perkataan keji dan kotor. Jika tidak maka sia-sia puasanya. Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda,yang artinya :
“Barangsiapa tidak meninggalkan perkataan yang kotor dan berperilaku dengannya maka Allah tidak membutuhkan mereka meninggalkan makanan dan minumannya.” (HR Bukhari 1903, dari sahabat Abu Hurairah)
Ketiga: Puasa Mengurangi Syahwat dan Godaan Setan.



Berpuasa akan mencegah seseorang dari berlebihan makan dan mempersempit pembuluh darah yang mana menjadi jalan syaitan dalam tubuh manusia. Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda: “Sesungguhnya setan menyusup dalam diri manusia melalui aliran darah.” (HR. Bukhari dan Muslim)
Puasa juga akan membuat seseorang lebih mampu menahan syahwatnya. Oleh karena itu Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam mewasiatkan bagi para pemuda yang belum mampu menikah untuk banyak berpuasa. Beliau bersabda,
“Wahai para pemuda, barangsiapa diantara kalian telah mampu untuk menikah, hendaknya bersegera menikah, karena yang demikian itu lebih menundukkan pandangan dan menjaga kemaluan. Barangsiapa yang tidak mampu hendaknya dia bershaum (puasa) karena itu adalah pemutus syahwatnya.” (HR. Bukhari 1905 dan Muslim 1400)
Keempat: Puasa Mengajarkan Keikhlasan dan Kejujuran
Allah dan diri orang yang berpuasa sendiri yang mengetahui persis kondisinya. Andaikata mereka makan atau minum di tempat yang tersembunyi maka tidak ada orang lain yang mengetahui. Puasa mengajarkan kejujuran dan keikhlasan, beribadah hanya semata-mata karena Allah. Karena hal inilah Allah mengkhususkan puasa untuk diriNya dan menjanjikan pahala yang besar.
puasa adalah bagiKu dan                                         Kelima:  Puasa adalah Perisai  dan Melatih Kesabaran
Orang  yang  berpuasa  dilatih  untuk  bersabar.  Bersabar  untuk

meninggalkan hal-hal yang mubah maka dia seharusnya lebih mampu untuk meninggalkan hal-hal yang haram. Kesabaran adalah perisai yang paling utama agar tidak terjerumus dalam hal-hal yang diharamkan Allah. Orang yang berpuasa juga dilatih untuk mengendalikan diri.
Keenam: Puasa Melatih untuk Zuhud dan Syukur
Puasa melatih untuk zuhud di dunia ini, terutama dalam hal makan dan minum. Berlebihan dalam makan dan minum akan mengotori jiwa dan membuat malas. Jangan sampai berlebihan sekedar mengikuti hawa nafsu. Hendaknya makan dan minum sesuai dengan kadar yang diperlukan. Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebihan. Allah berfirman,“Makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan . Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.” (QS Al A’raf: 31)
Ketujuh: Puasa Menyehatkan Jasmani
Tidak diragukan lagi bahwa puasa dapat membuat badan semakin sehat dan terhindar dari penyakit. Salah satu sebab datangnya penyakit adalah berlebihan dalam makan dan minum. Puasa sendiri sudah sangat dikenal dalam dunia kesehatan. Banyak penelitian juga yang menunjukkan manfaat puasa bagi tubuh manusia.

Sekian di antara hikmah dan manfaat puasa yang dapat saya sampaikan.

Semoga bermanfaat. Amiin....

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

































HALAMAN

POPULAR POST