KEUTAMAAN-KEUTAMAAN DALAM IBADAH PUASA RAMADHAN


KEUTAMAAN-KEUTAMAAN DALAM IBADAH PUASA RAMADHAN
Pemateri : Aleh, S.Ag

Bismillaahirrahmaanirrahiim.
Assalaamualaikum warrahmatullaahi wabarokaatuh
Alhamdulillahirrobbil’aalamiin(a) Arrohmaanirrohiim(i) Maalikiyaumiddiin(i) Iyyakana’budu Waiyyaka nasta’iin(u) Ihdinas-shiraatalmustaqiim....
Allahumma sholli Ala sayyidina Muhammad wa ala aali sayyidinaa Muhammad, amma ba’du.....
Segala puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam yang telah memberikan segala kebutuhan  mahluk-mahluknya. Solawat serta salam semoga senantiasa terlimpah selalu, kepada baginda kita yang telah membawa kita dari  zaman kegelapan ke zaman  penuh keimanan.
Siswa –siswi ku yang  sholeh dan sholehah
Alhamdulillah pada hari ini kita  menginjak hari ke 5 di bulan ramadhan, mudah-mudahan kita  oleh Allah SWT senantiasa diberi kekuatan, kesabaran, keikhlasan dalam menjalankan ibadah puasa ini.

Anak anaku sekalian bulan suci ramadhan tahun ini kita rasakan suananya  agak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana kita ketahui bahwa negeri kita dan juga negeri-negeri lainya diseluruh dunia  banyak yang dilanda musibah dengan wabah penyakit yang disebabkan oleh Covid 19 yang dampaknya sangat berpengaruh pada aktivitas kehidupan umat  manusia, salah satunya pada dunia pendidikan dimana  kita dituntut untuk belajar dirumah. Namun demikian jangan menjadi alasan untuk malas-malasan dan santai-santai di rumah, tapi harus bisa memanfaatkan waktu di rumah ini untuk belajar dan memperbanyak beribadah (mungkin ini salah satu hikmah adanya musibah covid 19 ini, sebelumnya kita banyak aktivitas mondar-mandir/ keluyuran yang tidak bermanfaat, sekarang kita dikurung/lock down untuk mengurangi aktivitas seperti itu, maka mari kita gunakan kesempatan langka ini untuk memperbayak ibadah kepada Alloh SWT.)
Siswa-siswi ku yang sholeh dan sholehah..
Setiap ibadah yang Alloh perintahkan kepada kita senantiasa memiliki keutamaan masing-masing salah satunya yaitu mengharap ampunan dari Alloh SWT, baik itu ibadah Shalat, Zakat, Ibadah Haji,begitu juga dengan ibadah puasa dibulan ramadhan yang diwajibkan oleh Alloh SWT. Ibadah puasa dibulan ramadhan memiliki beberapa keutamaan yang akan diperoleh oleh  orang yang melaksanakanya diantaranya;
1.       Amal ibadah puasa pahalanya akan dibalas langsung  dari Alloh. Berbeda dengan ibadah lainya yang sudah ditentukan batasanya . Ibarat seseorang yang bekerja dan telah ditentukan berapa gajinya, maka kita dapat memeperkirakan berapa hasil yang akan diperoleh. Tapi saat bos kita mengatakan  “bekerjalah dan saya langsung akan memberikan gajimu” bisa jadi gaji yang diberikan pada kita diluar dugaan kita, tergantung kualitas kerja kita. Dan  pahala untuk puasa ini ,Alloh SWT berfirman dalam hadits Qudsi yang artinya “ setiap amal anak adam untuknya kecuali puasa, maka itu untuk Ku dan Aku yang akan membalasnya... (Muttafaq ‘Alaih).
2.       Memasukan orang yang berpuasa kedalam surgaNya. Sebagaimana hadis yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad,Nasa’i dan Iman Hakim, yang artinya “ Dari Abu Umamah berkata:  saya datang kepada Rasulullah SAW, maka saya berkata : “Perintahkan kepada saya dengan sebuah amal yang dapat memasukan saya kedalam surga!, Rasulullah  menjawab : “ Berpuasalah, sesungguhnya tiada tandingan baginya, kemudian saya datang untuk kedua kalinya, maka Beliau bekata : “ Berpuasalah... (HR.Ahmad,Nasa’i dan Hakim dan dia mensahihkanya).
3.       Puasa akan memberi syafa’at  bagi yang melakukanya. Di hari kiamat yang tiada lagi berguna apapun selain pertolongan Alloh SWT dan syafa’at yang diizinkanNya, betapa bahagianya seorang muslim mendapatkan syafa’at akibat puasa yang dilakukanya dan Al-qur’an yang dibacakanya. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW , yang artinya : Puasa dan Al-qur’an akan memberi syafa’at bagi seorang hamba di hari kiamat.. (HR. Ahmad dan Hakim)
4.       Akan mendapat Ampunan Allah SWT ( maghfirah ). Bulan Ramadhan disebut juga bulan penyucian diri, karena dibulan ini Alloh mencurahkan rahmat dan maghfiroh-Nya kepada setiap hamba yang menunaikan ibadah puasa dengan keimanan dan mengharap pahala dari-Nya. Dari Abu Hurairah RA Rasulullah  SAW bersabda: “ Barang siapa berpuasa ramadhan karena iman dan mengharap pahala diampuni baginya dosa-dosa masa lalu” (HR. Bukhari dan Muslim).
5.       Bau mulut orang yang berpuasa lebih baik di sisi Allah daripada minyak misik. Bau mulut saat berpuasa adalah wajar karena sebab mulut dan perut kita kosong tidak makan dan minum seharian, tetapi di sisi Allah SWT itu lebih baik dan lebih harum daripada minyak misik. Rasulullah bersabda yang artinya : “ Demi dzat yang jiwa Muhammad berada ditangan-Nya, sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada harum minyak misik....( Muttafaq’Alaih)
6.       Orang yang berpuasa akan mendapat dua kegembiraan. Rasulullah  SAW bersabda yang artinya : “ orang yang berpuasa mendapat dua kegembiraan ; ketika berbuka dia gembira dengan bukanya dan ketika bertemu dengan Tuhannya dia gembira dengan puasanya.(Muttafaq’Alaih)

Siswa-siswi ku yang sholeh dan sholehah
Itulah beberapa keutamaan dalam melaksanakan ibadah puasa di bulan ramadhan dan tentu masih banyak lagi  keutamaan-keutamaan lainya yang dapat mendorong kita untuk melaksanakan ibadah puasa di bulan ramadhan ini. Mudah-mudahan dengan mengetahui keutamaan-keutamaan ibadah puasa ini, membuat kita lebih semangat dan meningkatkan  lagi ibadah puasa dan melaksanakan ibadah-ibadah lainya  di bulan suci ramadhan ini.
Akhirnya kita berharap kepada Allah SWT, mudah-mudahan kita semua dapat melaksanakan ibadah puasa dan ibadah lainya dengan sebaik- baiknya, sehingga kita patut mendapat derajat Takwa. Dan semoga Allah  SWT. mempertemukan kita lagi di bulan suci ramadhan tahun depan. Aamiinn....

Wassalaamu’alaikum, Wr.Wb.




HALAMAN

POPULAR POST