Puasa Sebagai LDKS (Latihan Dasar Kehidupan Selamanya)

   Puasa Sebagai LDKS (Latihan Dasar Kehidupan Selamanya)

Pemateri : N. Atikah Hasan, S.Pd.I

Assalamu'alaikum warohmatullaahi wabarokaatuh.
Alhamdulillah mari kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT. Yang mana sampai saat ini, kita masih di berikan kenikmatan yang tak terhingga, terutama nikmat Islam dan Iman. Sehingga kita dapat melaksanakan kewajiban Berpuasa di bulan Ramadlan tahun ini.

Sholawat beserta salam moga tetap tercurah pada junjungan kita Nabi Agung Muhammad SAW.pada kelurganya,para sahabat dan semoga sampailah kepada kita sebagai ummatnya di akhir zaman ini,mudah _mudahan kita mendapat syafaat di Yaumil akhir aamiin...ya robbal aalamiin.

Hadirin ...yang dirahmati Allah, pada kesempatan yang penuh barokah ini,ingin sedikit belajar menulis mudah mudahan ada manfaat, bagi diri sendiri...

Di bulan Ramadan ini, InsyaAllah kita sedang melaksanakan " PUASA".
Arti puasa menurut bahasa yaitu "menahan" 

Jadi selama ini kita sedang menahan diri dari makan, minum, itu untuk jasmaniah,

Dengan sifat _Nya yang Maha Rahman dan Rahim, Allah  memerintahkan 1bulan dari setahun untuk mengistirahatkan aktifitas organ tubuh kita yang bertugas menggiling makanan, supaya terhindar dari kerusakan dan tetap berfungsi dengan baik di masa depan, amiin.

Selain itu ada hal yang lebih penting dari berpuasa yaitu  menahan diri dari perbuatan -perbuatan yang berdampak pada rohani kita,dan dapat menghapus amal puasa yang sedang kita lakukan, diantaranya, kita belajar menahan diri (sabar) untuk melakukan ghibah,ghadab ( marah ) dan masih banyak hal-hal yang negatif yang bisa merusak amalan puasa kita,

Puasa merupakan LDKS (Latihan Dasar Kehidupan Selamanya ) sebelum ada panggilan Ilahi.
Kita terus berlatih sekuat tenaga untuk meraih kebahagiaan, jasmani rohani, dan dunia akhirat.
Dengan bersabar,ikhlas melakukan hal-hah positif,berlomba mengumpulkan poin /nilai yang dapat menghantarkan kita pada keridhoan -Nya.

Sebagai motivasi, ada firman Allah, QS. Az-zumar ayat 10, yang artinya : "Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabar yang disempurnakan pahala mereka tanpa batas".
Wallahu 'alaam.
Dengan demikian, mari kita belajar sabar dalam berpuasa, bukan hanya menahan makan dan minum, lapar dan haus,tapi harus berlatih juga menahan diri dari ujian - ujian lainnya,sebagaimana yang sedang kita alami saat ini yaitu wabah Korona, sehingga kita tidak boleh berkerumun,tidak boleh bepergian, maka kita implementasikan sabar kita sebagai latihan dalam kehidupan .

Besar hikmah yang kita ambil dari musibah tersebut apabila kita bersabar melakukannya, misalnya,yang tadinya suka kumpul -kumpul dengan tujuan yang tidak jelas, sekarang kita puasa (sabar ) dirumah aja baca Qur'an, baca pelajaran ,sehingga bertambahlah nilai ibadah kita.aamiin
Yang biasanya bepergian tidak ada arah tujuan seperti
 berboncengan dua tiga orang ,ngalor ngidul, sekarang
 dirumah aja,hikmahnya bensin irit...

Selain itu kita ingat bahwa tugas kita sebagai makhluk yaitu beribadah (berbakti) kepada Allah, sebagaimana tercantum dalam QS. Az_zariyat ;56 . 
Yang artinya ; " Dan tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku".

Jadi di bulan Ramadhan yang mulia ini alangkah indahnya, segala apa yang kita lakukan selagi perbuatan tersebut baik menurut agama kita, maka niatkan karena Allah.

Untuk itu mari kita jadikan " Puasa" dibulan yang penuh Maghfiroh ini sebagai LDKS untuk masa yang akan datang,.
Mudah-mudahan kita selalu berada dalam lindungan Allah,diberi kesehatan dan kekuatan Serta kesabaran dalam melaksanakan perintah Allah aamiin 

Mohon maaf atas segala kekurangan ....
Kehilafan itu semata-mata dari diri sendiri
Kebenaran hanya datang dari Allah SWt.

Billahi hidayah wa Taufiq 

Wassalaamu 'alaikum waroh matulla wa barokaatuh.











HALAMAN

POPULAR POST