AMALAN-AMALAN YANG PALING UTAMA DI BULAN RAMADHAN

AMALAN-AMALAN YANG PALING UTAMA DI BULAN RAMADHAN

Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Assalaamu’alaikum warrahmatullaahi wabarokaatuh

Alhamdulillahirrobbil’aalamiin(a) Arrohmaanirrohiim(i) Maalikiyaumiddiin(i) Iyyakana’budu Waiyyaka nasta’iin(u) Ihdinas-shiraatalmustaqiim....

Allahumma sholli Ala sayyidina Muhammad wa ala aali sayyidinaa Muhammad, amma ba’du.....

Segala puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam yang telah memberikan segala kebutuhan  mahluk-mahluknya. Solawat serta salam semoga senantiasa terlimpah selalu, kepada baginda kita yang telah membawa kita dari  zaman kegelapan ke zaman  penuh keimanan.

Siswa –siswi ku yang  sholeh dan sholehah

Alhamdulillah kita telah menginjak dibulan suci ramadahan yang mulia ini. Bulan ramadhan merupakan bulan kebaikan, bulan kemenangan. Pada bulan ini, terdapat banyak karunia Allah yang diberikan kepada hambanya yaitu dengan cara pahala dilipatgandakan serta segala dosa diampuni dengan syarat menghindari maksiat, terutama dosa besar.

Beruntunglah para kaum muslimin bisa memanfaatkan bulan ramadhan ini sebagai saran untuk memperbanyak pahala. Pada kultum kali ini akan membahas mengenai beberapa amalan atau ibadah utama di bulan ramadhan.

1.     Puasa ramadhan

Salah satu ibadah  utama yang sangat ditekankan untuk diperhatikan , mulai dari sahur hingga berbuka puasa terdapat keutamaan-keutamaan di dalamnya. Karena huku puasa ramadhan itu wajib bagi seorang muslim.

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيْمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Barangsiapa berpuasa ramadhan dengan keimanan dan mengharap ridha Allah, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu”.

2.     Shodaqoh ramadhan

Shadaqoh atauberbagi di bulan ramadhan adalah salah satu amaliyah yang sangat ditekankan bagi seorang muslim yang mampu melakukannya. Bahkan nabi termasuk dari orang yang paling dermawan saat bulan ramadhan. Sesungguhnya shodaqoh bulan ramadhan memiliki keistimewaan dan kelebihan, maka bersegeralah dan semangat dalam menunaikannya sesuai kemampuan. Diantara bentuk shodaqoh dibulan iniseperti :

-         Memberi makan

-         Memberi hidangan berbuka bagi orang puasa

Rasulullah SAW : “Barangsiapa yang memberi berbuka orang puasa, baginya pahala seperti pahala orang berpuasa tadi tanpa dikurangi dari pahalanya sedikitpun.” (HR. Ahmad dan Nasai)

3.     Membaca al- qur’an

Sebagaimana telah kami sebutkan pada artikel kemuliaan lailatul qodar, salah satu kekhususan bulan ramadhan dibandingkan bulan lain adalah yaitu bulan dimana al-qur’an diturunkan, sehingga ada banyak keberkahan didalamnya.

Salah satu amalan yang dianjurkan untuk ditingkatkan adalah memperbanyak membaca al-qur’an. Selain segala amalan kebajikan dilipatgandakan dibulan ramadhan, membaca satu huruf dalam al-qur’an akan diberikansepuluh kebaikan dilipatgandakan di bulan ramadhan, membaca satu huruf dalam al-qur’an akan diberikan sepuluh kebaikan, bahkan bagi yang terbata-bata diberikan dua pahala.

4.     Duduk di Masjid hingga matahari terbit

Salah satu kebiasaan nabi dalam kehidupan sehari-hari yaitu duduk di masjid hingga matahari terbit. Berdasarkan hadis :” rasulullah SAW, apabila sholat subuh beliau duudk di tempat shalatnya hingga matahari terbit” (HR. Muslim )

5.     I’tikap akhir ramadhan

I’tikafmerupakan ibadah yang didalamnya terkumpul bermacam-macam ketaantan, baik berupa shalat, do’a, dzikir, tadarrus dan yang lainnya.

6.     Umrah bulan ramadhan

Umrah itu termasuk dalam sunah nabi yang dianjurkan untuk dikerjakan saat bulan ramdhan. Berdasarkan hadis Nabi :

عُمْرَةً فِيْ رَمَضَن حَجَّةُ

“ umrah pada bulan ramadhan menyerupai haji”. (HR. Bukhari dan Muslim)

7.     Menghidupkan lailatul qodar

إِنَّا أَنْزَلْنَهُ فِيْ لَيْلَةِ القَدْرِ وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ القَدْرِ لَيْلَةُ القَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْر

“sesungguhnya kami telah menurunkannya ( al qur’an) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu ? malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan” (QS. Al- Qodr : 1-3)

8.     Memperbanyak dzikir, doa dan istigfar

Sesungguhnya malam dan siang merupakan waktu-waktu uawa dan mulia sepanjang bulan ramadhan, maka pergunakanlah waktu tersebut untuk memperbanyak doa, dzikir dan meminta ampunan kepada Allah SWT.

 

Siswa-siswi ku yang sholeh dan sholehah

Itulah beberapa amalan yang paling utama di bulan ramadhan dan tentu masih banyak lagi  amalan-amalan lainya yang dapat mendorong kita untuk melaksanakan amalan ibadah di bulan ramadhan ini. Mudah-mudahan dengan mengetahui amalan-amalan yang paling utama di bulan ramadhan ini, membuat kita lebih semangat dan meningkatkan  lagi ibadah puasa dan melaksanakan ibadah-ibadah lainya  di bulan suci ramadhan ini.

Akhirnya kita berharap kepada Allah SWT, mudah-mudahan kita semua dapat melaksanakan ibadah puasa dan ibadah lainya dengan sebaik- baiknya, sehingga kita patut mendapat derajat Takwa. Dan semoga Allah  SWT. mempertemukan kita lagi di bulan suci ramadhan tahun depan. Aamiinn....

 

Wassalaamu’alaikum, Wr.Wb.

 

 

 

HALAMAN

POPULAR POST