KULTUM puasa RAMADHAN ‘ ORANG-ORANG YANG MERUGI DI BULAN RAMADHAN ’


KULTUM puasa RAMADHAN
‘ ORANG-ORANG YANG MERUGI DI BULAN RAMADHAN ’
Pemateri : Wiwin Fitriawati, S.Pd.

Bismillahirrahmanirrahim,
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Alhamdulillahirabbil’alamin, wassolatu wassalamu ‘ala asrofil anbiya’i walmursalin wa’alaa alihi wasohbihi ajma’in amma ba’du.
            Pertama dan yang paling utama, mari kita sama-sama memanjatkan rasa syukur kita kepada Allah SWT, yang telah memberikan rahmat, karunia, inayah dan hidayahnya kepada kita semua sehingga di hari  ke 8 puasa ini ibu bisa menyampaikan kultum puasa  Ramadhan kepada anak-anak semua siswa siswa MTs. Al-Ihsan Babakanmanjeti.
            Selanjutnya, shalawat serta salam senantiasa kita sanjungkan kepada Nabi Muhammad SAW yang telah membawa kita dari zaman Jahiliyah ke zaman terang benderang dan penuh ilmu pengetahuan seperti sekarang ini. Semoga kita semua termasuk umat nabi yang akan mendapatkan syafaat di hari kiamat kelak. Aamiin.
Anak-anaku sekalian siswa siswi MTs. Al-Ihsan yang dirahmati Allah SWT. Pada kesempatan ini, ibu akan menyampaikan kultum puasa Ramadhan tentang orang-orang yang merugi di bulan Ramadhan. Hal ini bisa disebabkan karena tidak melaksanakan amal-amal baik pada bulan Ramadhan. Padahal bulan puasa ini memiliki segudang berkah dan pahala untuk digapai.
Abu Hurairah ra. Berkata, Rasulullah SAW bersabda, yang artinya: ”apabila datang bulan Ramadhan, pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan setan-setanpun dibelenggu”. (HR. Muslim). Dari sabda Nabi Muhammad SAW tersebut tentunya kita menyadari betapa pentingnya bulan Ramadhan.
            Seperti Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya : “Betapa banyak orang yang berpuasa, namun tidak mendapatkan apa-apa selain lapar, dan berapa banyak orang shalat tengah malam tidak mendapatkan apa-apa selain begadang (HR. Nasa’i).
            Hal ini menandakan bahwa kultum Ramadhan tentang orang-orang yang merugi di bulan Ramadhan sangat penting bagi umat Islam jangan sampai kita hanya menahan lapar tapi tidak mendapatkan pahala.

            Orang-orang yang merugi di Bulan Ramadhan
1.      Orang yang Puasa Hanya Mendapatkan Lapar dan Haus
Orang yang puasa hanya mendapatkan lapar dan haus adalah orang-orang yang pahala puasanya telah hilang. Karena mereka melakukan hal-hal seperti berdusta, bergunjing, serta melihat aurat lawan jenis dengan nafsu. Dimana hal-hal tersebut adalah beberapa contoh perbuatan yang menghilangkan pahala puasa.
“Betapa banyak orang yang berpuasa namun tidak mendapatkan dari puasanya tersebut, kecuali rasa lapar dan dahaga.” (HR. Ath Thobrani).

2.      Orang yang Tidak Mengikuti Tarawih Sampai Selesai
Sering sekali kita melihat ada orang yang sudah keluar sebelum shalat tarawih selesai. Biasanya banyak orang yang sudah keluar dari mesjid sebelum dimulainya shalat witir.
 Nabi Muhammad SAW bersabda: ”Orang yang shalat tarawih mengikuti imam sampai selesai, ditulis baginya pahala shalat semalam suntuk.” (HR. Tirmizi, Ibnu Majah, dan Ahmad). Jadi, merugilah orang yang tidak mengikuti shalat tarawih sampai selesai.

3.      Orang yang Jarang Membaca Al-Qur’an di Bulan Ramadhan
Membaca Al-Qur’an sebagai kitab umat islam merupakan amalan yang menjanjikan banyak pahala. Apalagi bila dilakukan di bulan Ramadhan.
Nabi Muhammad SAW bersabda: ”Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Al-Qur’an, maka baginya satu kebaikan dan satu kebaikan itu dilipatgandakan dengan sepuluh (pahala). Aku tidak mengatakan Alif Laam Min adalah satu huruf, akan tetapi Alif satu huruf, Lam satu huruf, dan Mim satu huruf”.(HR.Tirmidzi).
Oleh karena itu, setidaknya kita bisa mengamalkan baca al-Qur’an serutin mungkin. Banyak juga orang-orang yang membuat target mengkhatamkan Al-Qur’an di bulan Ramadhan ini. Kamu bisa membaca Al-Qur’an setelah berbuka puasa, setelah tarawih, serta menjelang imsak.
      Apalagi di masa pandemic Covid-19 ini dimana waktu begitu leluasa untuk kita gunakan membaca Al-Qur’an kapan saja supaya kita mendapatkan keuntungan berlipat-lipat dari bulan Ramadhan ini.

4.      Orang yang Tidak Menjaga Shalat
Shalat adalah tiang agama, jadi shalat adalah amalan terpenting bagi seorang umat islam. Tentunya tidak hanya di bulan Ramadhan saja kita diwajibkan untuk shalat, tapi setiap hari dengan tidak terkecuali.
“Sesungguhnya pertama kali yang dihisab dari segenap amalan seorang hamba di hari kiamat kelak adalah shalatnya. Bila shalatnya baik maka beruntunglah ia, dan bilamana shalatnya rusak, sungguh kerugian menimpanya.”(HR. Tirmidzi).
Meninggalkan shalat wajib sama saja dengan puasa atau menahan lapar dan haus yang kita kerjakan menjadi sia-sia. Maka dari itu, shalat adalah amalan terpenting yang harus kita laksanakan setiap harinya.

Siswa siswai MTs.Al-Ihsan Babakanmanjeti yang ibu cintai dan ibu banggakan.

Di bulan Ramadhan ini, kita seharusnya mengisi hari-hari dengan hal-hal yang bermanfaat, supaya bulan Ramadhan tidak kita tinggalkan dengan sia-sia. Adapun amalan-amalan utama yang dapat kita gunakan untuk mengisi hari-hari bulan Ramadhan diantaranya adalah:
1.      Membaca Al-Qur’an
2.      Mendirikan shalat malam
3.      Memperbanyak sedekah
4.      Mencari malam Lailatul Qadar
5.      Memberi buka pada orang yang berpuasa

      Itulah kultum puasa singkat tentang orang-orang yang merugi di bulan Ramadhan, serta amalan-amalan penting di bulan Ramadhan. Semoga kita tidak termasuk ke dalam bagian orang yang merugi tersebut dan senantiasa menjadi pribadi yang menjaga amal ibadahnya. Aamiin.

Alhamdulillahi rabbil’alamiin

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.




Wiwin Fitriawati, S.Pd






HALAMAN

POPULAR POST