7 Tips Ampuh Menghemat Baterai Laptop Agar Tahan Lama


 https://encrypted-tbn1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTppGCb7qLr7YWfpBoSLyNPJAyXHkmPkqzOGaqiZ13VFiy-5yR8

Tips Menghemat Baterai Laptop
Baterai merupakan salah satu sumber daya listrik untuk laptop. Baterai menyimpan daya listrik untuk digunakan ketika laptop tidak terhubung dengan arus listrik. Baterai laptop memiliki kapasitas tampungan daya masing-masing, sesuai dengan ukuranya. Semuanya sudah diukur oleh pihak produsen agar baterai dapat bertahan untuk waktu yang cukup lama. Itu sebabnya baterai laptop yang baru dibeli terkesan lebih awet ketimbang yang sudah lama digunakan. Ada beberapa penyebab yang membuat baterai laptop cepat habis.

7 Tips Menghemat Baterai Laptop Agar Tidak Cepat Habis

1. Atur Power Option

Power Option adalah pengaturan yang menentukan penggunaan baterai. Pada power option terdapat pilihan yaitu :
  • High Performance, yaitu mengutamakan performa laptop, itu berarti penggunaan daya baterai akan digunakan semaksimal mungkin untuk menunjang kinerja processor agar dapat bekerja dengan maksimal.
  • Balance, memberikan keseimbangan antara memaksimalkan performa laptop sekaligus menghemat daya baterai.
  • Power Saver, yaitu mengutamakan untuk menghemat daya baterai laptop, bukan berarti kinerja laptop akan memburuk, power saver hanya mengurangi beban penggunaan daya yang tidak penting,

Nah, untuk menghemat daya penulis menyarankan untuk menggunakan power saver, walaupun performa komputer sedikit menurun, itu tidak akan terlalu berpengaruh ketika melakukan pekerjaan.

2. Menonaktifkan Startup Aplikasi Yang Tidak Perlu

Saat laptop dihidupkan, ada beberapa aplikasi yang langsung berjalan, biasanya berjalan dibelakang layar tanpa diketahui oleh pengguna. Hal ini cukup memakan daya baterai laptop, karena setiap aplikasi membutuhkan kinerja processor yang tidak sedikit. Untuk mematikan start up aplikasi yang tidak perlu gunakan cara berikut ini :
  1. Buka menu Run dengan menekan tombol Windows + R
  2. Ketikan "msconfig" tanpa tanda petik, kemudian klik Ok
  3. Pilih tab Start Up, kemudian hilangkan tanda centang pada aplikasi yang tidak penting
  4. Klik Ok, kemudian Restart

3. Menonaktifkan Service Yang Tidak Diperlukan

Hampir sama seperti aplikasi, service juga memakan daya baterai yang cukup tinggi, oleh karena itu kita harus mematikan service yang tidak diperlukan dengan cara
  1. Klik Start --> Control Panel --> System And Security --> Administrative Tools
  2. Kemudian klik menu Services
  3. Kemudian matikan service yang tidak diperlukan

4. Jangan Menjalankan Banyak Aplikasi Secara Bersamaan

Setiap aplikasi membutuhkan kinerja dari processor, itu berarti semakin banyak aplikasi yang dijalankan maka akan semakin banyak pula penggunaan daya baterai yang dibutuhkan. Saran penulis tutup aplikasi yang tidak terlalu diperlukan, karena aplikasi yang berjalan dari start up juga sudah banyak, seperti aplikasi anti virus, aplikasi untuk defragment dan aplikasi anti spyware. Dengan banyaknya beban aplikasi yang dijalankan, maka baterai laptop juga akan cepat habis.

5. Menghentikan Perangkat Yang Tidak Diperlukan

Perangkat keras seperti CD ROM dan juga Flashdisk juga membutuhkan daya, dan daya tersebut diambil dari baterai laptop. Oleh karena itu perangkat yang tidak sedang dipakai sebaiknya dilepas, agar pemakaian daya yang tidak perlu dapat dikurangi.

6. Mengurangi Brightness Layar

Brightness atau pencahayaan adalah salah satu yang memakan daya baterai yang paling tinggi. Semakin terang layar maka akan semakin cepat habis pula daya baterai laptop. Oleh karena itu, kita harus meredupkan pencahayaan agar penggunaan daya dapat berkurang.

7. Lakukan Disk Defragment

Pada dasarnya ketika kita meletakan file pada harddisk, susunan file tersebut akan diletakan secara acak, hal itu memberatkan pekerjaan harddisk, dan pastinya harddisk membutuhkan daya baterai yang cukup tinggi. Oleh karena itu untuk memperingan pekerjaan harddisk dan mengurangi penggunaan daya dibutuhkan disk defragment. Disk Defragment berfungsi untuk menyusun file-file yang ada dalam harddisk, sehingga pembacaan file pada harddisk dapat dilakukan secara berurutan.

HALAMAN

POPULAR POST