Apa Itu Switch, Hub Dan Router? Apa Perbedaan Ketiganya?

 Related image

Apa Itu Switch, Hub Dan Router? Apa Perbedaan Ketiganya?

Dalam membangun sebuah jaringan komputer dibutuhkan sebuah pusat atau konsentrator, agar aliran data pada jaringan dapat dikendalikan melalui satu perangkat. Dalam pembuatan sebuah jaringan komputer dikenal beberapa Perangkat Keras Jaringan yang dapat digunakan sebagai konsentrator tersebut, diantaranya adalah switch, hub dan router. Ketiganya memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai penghubung antara satu perangkat komputer dengan komputer lainya. Akan tetapi ada perbedaan dari ketiganya.


Perbedaan Antara Switch, Hub Dan Router

Apa Itu Switch?
Switch

Switch adalah sebuah perangkat jaringan yang digunakan untuk menghubungkan satu perangkat dengan perangkat lainya. Switch juga menangani dalam pengaturan aliran data. Aliran data saat menggunakan switch bersifat langsung, dari komputer pengirim data dikirimkan ke switch kemudian oleh switch akan langsung disampaikan kepada komputer tujuan. Jadi dengan menggunakan switch aliran data akan lebih cepat dan efisien karena tidak banyak aliran data yang tidak diperlukan. Karena alasan inilah saat ini switch bayak digunakan untuk konsentrator sebuah jaringan.
Sebagai contoh, komputer dengan IP Address 192.168.10.2 akan mengirimkan data ke 192.168.10.3, maka data dari IP pertama akan mengirimkan data ke switch, kemudian switch akan mencari komputer dengan IP tujuan, jika sudah ditemukan maka data tersebut akan dikimkan.

Apa Itu Hub?
Hub
Hub

Hampir sama dengan switch, hub juga merupakan perangkat yang digunakan sebagai penghubung antara satu komputer dengan komputer lainya. Akan tetapi metode pengiriman data yang dilakukan hub berbeda. Hub mengirimkan data ke seluruh komputer yang ada ditujuan, sejenis pesan broadcast yang dikirimkan ke semua komputer yang ada di jaringan, jadi selain komputer tujuan pun akan menerima paket data tersebut. Tentunya sangat tidak efektif terutama jika digunakan untuk jaringan yang memiliki jumlah komputer yang banyak. Itulah sebabnya saat ini hub jarang digunakan, orang-orang lebih suka menggunakan switch yang lebih efektif. Akan tetapi untuk keperluan tertentu Hub masih digunakan.

Apa Itu Router?
Router
Router

Router juga merupakan perangkat jaringan yang digunakan untuk menghubungkan antara satu perangkat dengan perangkat yang lainya. Sesuai dengan namanya route atau rute, perangkat ini juga berfungsi untuk menunjukan arah aliran data. Router biasa digunakan untuk menghubungkan perangkat yang berbeda seperti menghubungkan antara switch dan komputer server atau bahkan menghubungkan antar jaringan. Router memiliki jumlah port yang lebih sedikit dibandingkan dengan switch karena router memang ditujukan bukan sebagai konsentrator namun untuk menghubungkan antar jaringan.
Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa switch dan hub merupakan sebuah perangkat yang berfungsi untuk menghubungkan antar komputer dengan metode pengiriman paket datanya masing masing. Sedangkan Router adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan perangkat antar jaringan dan juga menentukan arah aliran data menuju komputer tujuan.
Demikianlah pembahasan penulis tentang Perbedaan Switch, Hub dan Router. Semoga bermanfaat.

HALAMAN

POPULAR POST