Pengertian BIOS, Fungsi Dan Jenis-Jenis BIOS

 

Pengertian BIOS, Fungsi Dan Jenis-Jenis BIOS

Pengertian BIOS

BIOS adalah singkatan dari Basic Input Output System, adalah sebuah sistem yang mengatur fungsi dasar perangkat keras komputer. BIOS dipasang pada ROM atau CMOS pada motherboard komputer. Konfigurasi serta pengaturan dasar seperti tanggal dan pengaturan First Boot dan lain-lain disimpan pada sebuah perangkat yang diberi nama Baterai CMOS. Pengaturan yang sudah tersimpan didalam Baterai CMOS tidak akan hilang ketika komputer dimatikan. Tetapi apabila Baterai CMOS rusak atau tidak terpasang, pengaturan yang telah dilakukan di BIOS tidak akan bisa tersimpan.

Fungsi BIOS

Fungsi BIOS adalah untuk mengatur fungsi dasar dari komputer, serta memberikan intruksi untuk melakukan pengecekan kesiapan perangkat keras pada saat POST (Power On Self Test). POST melakukan pengecekan kesiapan perangkat keras seperti Processor, Harddisk, RAM, VGA, Keyboard, serta perangkat utama lainya. Apabila ada salah satu perangkat yang tidak tersedia atau tidak terpasang / rusak maka komputer akan mengeluarkan bunyi beep.

Jenis-Jenis BIOS

Ada 3 Jenis BIOS yang banyak digunakan, yaitu AMI BIOS, Phoenix BIOS, dan Award BIOS. Berikut sekilas tentang jenis-Jenis BIOS tersebut

1. AMI BIOS

AMI BIOS
AMI BIOS
American Megatrend Inc. BIOS (AMI BIOS) adalah BIOS yang dikembangkan oleh perusahaan asal Amerika bernama Megatrend America. Untuk masuk ke menu AMI BIOS dapat dengan menekan tombol DEL pada saat proses POST.

2. Phoenix BIOS

Phoenix BIOS
Phoenix BIOS
Phoenix BIOS adalah sebuah BIOS yang paling banyak digunakan di Indonesia, baik itu untuk komputer pribadi maupun perangkat lainya. Untuk masuk ke Phoenix BIOS dilakukan dengan menekan tombol F2 pada saat POST.

3. Award BIOS

Award BIOS
Award BIOS
Award BIOS adalah jenis BIOS yang diproduksi oleh perusahaan AWARD Software. Inc, untuk masuk ke Award BIOS dilakukan dengan menekan tombol DEL pada saat proses POST.
Itulah tadi sekilas tentang BIOS atau Basic Input Output System, semoga bermanfaat.

HALAMAN

POPULAR POST