Tips Menghemat Kuota Internet Agar Tidak Cepat Habis

Image result for image kaligrafi

5 Tips Penghematan Kuota Data Yang Sangat Efektif Untuk Diterapkan

1. Cek Penggunaan Data

Sebelum melakukan penghematan data, ada baiknya jika teman-teman mengecek terlebih dahulu penggunaan data. Biasanya teman-teman sering menghabiskan data untuk kegiatan apa, seperti untuk browsing, bermain game online, melakukan video streaming, Download Aplikasi atau mungkin Sharing Data Internet atau istilah kerenya teathering. Untuk pengguna Smartphone, dapat mengecek penggunaan data itu dari menu Data Usage yang biasanya terdapat pada menu pengaturan.
Jika sudah mengetahui kegiatan apa yang menyebabkan kuota internet cepat habis, kurangi untuk melakukan kegiatan itu, atau jika memang itu penting lakukan ketika menggunakan jaringan Free Wifi yang saat ini sudah ada dimana-mana.

2. Matikan Update Otomatis

Upadate otomatis memudahkan pengguna jika malas untuk melakukan update aplikasi secara manual. Dengan update otomatis, aplikasi yang ada akan selalu Up To Date, sehingga kita tidak pernah ketinggalan tentang perkembangan suatu aplikasi. Akan tetapi, disamping kemudahan tersebut, penggunaan data juga semakin membengkak, aplikasi yang seharusnya tidak perlu diupdate juga diupdate, bahkan tidak jarang dengan update otomatis perangkat kita melakukan download yang cukup besar.

3. Ubah Kebiasaan Streaming Video Menjadi Download Video

Dengan melakukan streaming, kita dapat menonton video yang berbeda-beda sesuai dengan keingingan. Tetapi saat melakukan streaming video, kita tidak memiliki file Video tersebut, karena streaming hanya memutar video yang ada di internet. Jika kita ingin menonton video yang sama, maka kita harus melakukan streaming kembali, dan jumlah kuota data yang dibutuhkan untuk streaming video cukup besar, terutama video jenis HD. Nah untuk menyiasati hal tersebut, cobalah untuk lebih cerdas, yaitu dengan mendownload video. Dengan mendownload video, kita dapat memutarnya kembali saat diinginkan tanpa mengeluarkan kuota data. Untuk lebih menghemat kuota data, teman-teman dapat mendownload video ketika terhubung dengan jaringan Wifi.

4. Kompres Data Pada Web Browser

Saat ini ada beberapa web browser yang mendukung kompresi data. Kompresi data adalah mengecilkan ukuran data tetapi tidak terlalu mengubah kualitas file tersebut. Beberapa Web browser yang mendukung kompresi data antara lain Chrome dan Opera Mini, serta untuk pengguna Smartphone dapat menggunakan UC Browser.

5. Matikan Koneksi Data Jika Tidak Diperlukan

Saat koneksi data aktif, maka transfer data akan terus dilakukan, entah itu untuk update notifikasi dari social media, game online, atau yang lainya. Dengan mematikan koneksi data, secara otomatis aktifitas penggunaan data juga akan berhenti, sehingga penggunaan kuota yang tidak perlu dapat dikurangi.

HALAMAN

POPULAR POST